2.2K
Visi
Menjadi Penyelenggara Pendidikan Vokasional yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul di bidang pengawasan dan pelaksanaan teknik sipil.
Unggul dalam pengertian bahwa lulusan memiliki kompetensi :
- Mampu melakukan pemeriksaan material di laboratorium, berupa agregat, semen, aspal, dan tanah;
- Mampu melakukan job mix design beton dan uji tekan beton;
- Mampu melakukan pemeriksaan daya dukung tanah dengan sondir;
- Mempunyai pengetahuan tentang prosedur pengecoran dan perawatan beton di lapangan;
- Mampu dalam membaca dan menggambar teknik baik secara manual maupun komputer; dan
- Mampu membaca gambar dan melaksanakan detailing penulangan pada konstruksi bangunan gedung dan jembatan;
Misi
- Menyelenggarakan kegiatan, pengelolaan dan proses pendidikan vokasional yang efektif dan efisien untuk menghasilkan tenaga ahli dibidang teknik sipil pada tingkat manajemen menengah;
- Mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil sebagai sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan teknologi terapan dibidang rekayasa sipil; dan
- Melakukan kerjasama secara efektif dengan pemangku kepentingan (stakeholederr) dalam rangka pengembangan dan penerapan proses pembelajaran, ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi bidang teknik sipil
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang menguasai teori-teori dasar dan praktis dalam bidang teknik sipil.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam melakukan identifikasi, Analisa praktis dan memberikan solusi penyelesaian praktis terhadap berbagai permasalahan teknik pelaksanaan di bidang teknik sipil.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim kerja.
- Menghasilkan lulusan yang memahami tanggung jawab, etika, sosial dan profesi ahli madya.
- Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesinya.
Sasaran dan Startegi
Sasaran Program Studi D3 Teknik Sipil adalah menyediakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dibidang teknik sipil khususnya dalam teknik pelaksanaan lapangan, prosedur pengawasan mutu dan kemampuan manajerial pada level manajemen menengah.
Sedangkan strategi pencapaian yang dilakukan adalah :
- Meningkatkan kualitas dosen melalui peningkatan jenjang pendidikan, pelatihan dan workshop/magang.
- Melakukan penyesuaian kurikulum dan atau silabus secara periodik untuk menyesuaikan dengan perkembangan Iptek.
- Melakukan evaluasi dan peningkatan proses belajar mengajar secara terus menerus.
- Berusaha menyediakan sarana dan prasarana perkuliahan yang representatif.
- Mengembangkan aspek kreativitas, kewirausahaan dan kepemimpinan mahasiswa.