D3 Teknik Listrik

Sekilas Tentang DIII Teknik Listrik Poliban

Sekilas Tentang DIII Teknik Listrik Poliban

Secara singkat Program Studi D3 Teknik Listrik berdiri bersamaan dengan berdirinya Politeknik Negeri Banjarmasin. Politeknik Negeri Banjarmasin pada awal berdirinya pada tahun 1986 merupakan bagian dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) dengan nama Politeknik Universitas Lambung Mangkurat dengan tiga jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Listrik dengan jenjang Diploma 2 (D2). Pada perkembangan selanjutnya, dengan adanya bantuan proyek EEDP (Engineering Education Development Project) maka jenjang pendidikan Politeknik Unlam ditingkatkan dari D2 menjadi D3 pada tahun akademik 1997/1998. Kemudian sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 080/0/1997 pada tanggal 28 April 1997 Politeknik Unlam dinyatakan mandiri, terpisah dari Universitas Lambung Mangkurat, dan namanya menjadi Politeknik Negeri Banjarmasin (selanjutnya disebut Poliban).

AKREDITASI

Prodi DIII Teknik Listrik Poliban sudah terakreditasi “Baik”

No SK: 5302/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2020

VISI

Menjadi Pusat Pendidikan Pelatihan serta Pengembangan dan Penerapan Teknologi yang Unggul dalam Bidang Ilmu Ketenagalistrikan di Tingkat Nasional

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang bermutu sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta permintaan stakeholder dalam bidang ilmu ketenagalistrikan.

2. Mengembangkan penelitian yang bermutu dalam bidang ketenagalistrikan yang terpublikasi di jurnal nasional atau internasional.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu ketenagalistrikan serta implementasi hasil penelitian sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

4. Mewujudkan tata kelola program studi yang akuntabel, transparan, dan responsif.

PROFILE LULUSAN

Memiliki kemampuan dalam memperbaiki masalah kelistrikan pada mesin produksi atau peralatan lainnya untuk kelancaran operasional perusahaan, Melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan secara berkala baik menyangkut instalasi listrik atau sistem kelistrikan pada gedung, perkantoran, maupun pada peralatan produksi di suatu perusahaan, Melakukan diagnosis dan menyelesaikan masalah pada instalasi listrik tegangan rendah dan menengah, peralatan serta komponen listrik pada mesin produksi dan Memiliki kemampuan bekerja di industri atau pusat pembangkit tenaga listrik

Mampu merancang dan melaksanakan pemasangan serta pengujian (test) instalasi listrik tegangan rendah sesuai dengan standar (SNI, IEC). b. Mampu merencanakan dan melaksanakan operasi pemeliharaan instalasi listrik (sampai dengan tegangan menengah 20 kV) dan peralatan listrik sesuai standar.

Penyedia jasa dibidang perencanaan, pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik.

a. Ahli Madya yang mampu bekerja di laboratorium Perguruan Tinggi Jurusan Teknik Elektro. b. Mengembangkan dan menjaga kinerja peralatan dan bahan yang ada di laboratorium Teknik Elektro. c. Melakukan pengujian / kalibrasi peralatan dan bahan yang ada di laboratorium Teknik Elektro.

Kurikulum Prodi Teknik Listrik bisa dilihat disini

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis secara umum listrik dan instalasi kelistrikan serta peralatannya (instalasi listrik sampai tegangan menengah, mikrokontroler, pembangkit tenaga listrik, transformator, kubikal, proteksi sistem daya listrik, sistem distribusi daya listrik, elektronika daya), instrumentasi, PLC, sistem kendali, mesin listrik, dan ilmu bahan
  2. Menguasai konsep matematika dan fisika
  3. Menguasai konsep teoretis secara umum cara-cara pengujian dan pengukuran kinerja instalasi dan peralatan listrik
  4. Menguasai konsep teoretis secara umum tentang metode penyelesaian masalah di bidang instalasi dan peralatan listrik beserta sumber daya, perangkat teknologi informasi, dan teknologi modern yang diperlukan
  5.  Menguasai pengetahuan tentang standard dan prosedur yang berlaku di bidang kelistrikan
  6. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam masalah ekonomi, sosial, ekologi secara umum
  7. Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi, manajemen proyek, dan kewirausahaan
  8.  Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang kelistrikan; dan  menguasai prinsip dan tata cara kerja bengkel, kegiatan laboratorium kelistrikan, serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa ke dalam prosedur dan praktikum teknikal (technical practice) untuk perawatan/pemeliharaan instalasi listrik tegangan menengah 20 KV dan penyelesaian masalah rekayasa yang terdefinisi secara jelas (well-defined) pada instalasi listrik tegangan rendah.
  2. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah rekayasa pada instalasi tegangan rendah yang terdefinisi secara jelas dengan mengacu kepada standard SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, serta memilih metode pemasangan dan perawatan instalasi listrik dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan.
  3. Mampu merencanakan, dan melaksanakan pemasangan instalasi listrik tegangan rendah sesuai dengan standar dan persyaratan yang diperlukan dan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan
  4. Mampu merencanakan dan melaksanakan operasi pemeliharaan instalasi listrik (sampai dengan tegangan menengah 20 KV) dan peralatan listrik sesuai standar operasi perawatan jaringan listrik yang berlaku dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan.
  5. Mampu merancang instalasi listrik tegangan rendah dan menuangkan hasil rancangan dalam bentuk gambar teknik secara manual dan/atau piranti lunak pendukung.
  6. Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, sistem terkomputerisasi, dan teknologi informasi.
  7. Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi listrik berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih dan mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi terkini yang terkait di bidang kelistrikan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku.
  2.  Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
  3. Mampu menyelesaikan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri dan  mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

NAMA KETUA PROGRAM STUDI DAN DOSEN HOME BASE

Ketua Prodi

Ir. Saifullah M.T

Nama :

Ir. Saifullah M.T

Bidang Keahlian :

Mesin dan Pengendalian Daya Listrik

NIDN :

18086113

NIP :

196108181990031000

Staf Pengajar

Edi Yohanes, S.T, M.T

Nama :

Edi Yohanes, S.T, M.T

Bidang Keahlian :

Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan Daya Listrik

NIDN :

20016005

NIP :

196001201988111000

Staf Pengajar

Zainal Abidin, SS.T, M.T

Nama :

Zainal Abidin, SS.T, M.T

Bidang Keahlian :

Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan Daya Listrik

NIDN :

1016131

NIP :

196101011991031000

Staf Pengajar

M. Ali Watoni, SS.T, M.T

Nama :

M. Ali Watoni, SS.T, M.T

Bidang Keahlian :

Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan Daya Listrik

NIDN :

10066508

NIP :

196506101991031000

Staf Pengajar

Nurkamilia, S.T, M.T

Nama :

Nurkamilia, S.T, M.T

Bidang Keahlian :

Otomasi Industri dan Instrumentasi

NIDN :

14066407

NIP :

196406141990032000

Staf Pengajar

Bambang Suriansyah, S.T, M.T

Nama :

Bambang Suriansyah, S.T, M.T

Bidang Keahlian :

Otomasi Industri dan Instrumentasi

NIDN :

11116604

NIP :

196611111992031000

Staf Pengajar

Sunu Hasta Wibowo, S.T, M.T

Nama :

Sunu Hasta Wibowo, S.T, M.T

Bidang Keahlian :

Mesin dan Pengendalian Daya Listrik

NIDN :

25076509

NIP :

196507251991031000

Staf Pengajar

Drs. Feryadi, M.T

Nama :

Drs. Feryadi, M.T

Bidang Keahlian :

MKDU (Fisika)

NIDN :

18026505

NIP :

196502181992031000

Staf Pengajar

Dr. Jazuli Fadil, SS.T, M.T

Nama :

Dr. Jazuli Fadil, SS.T, M.T

Bidang Keahlian :

Pembangkit energi listrik dan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk listrik

NIDN :

10018009

NIP :

198001101999031000

Staf Pengajar

Lauhil Mahfudz Hayusman, S.T, M.T

Nama :

Lauhil Mahfudz Hayusman, S.T, M.T

Bidang Keahlian :

Pembangkit energi listrik dan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk listrik

NIDN :

715088502

NIP :

198508152019031000

Staf Pengajar

Rully Rezki Saputra, S.Pd, M.Pd

Nama :

Rully Rezki Saputra, S.Pd, M.Pd

Bidang Keahlian :

MKDU (Bahasa Indonesia)

NIDN :

28058906

NIP :

198905282019031000

Staf Pengajar

Wardiani Hiliadi, S.Pd, M.Pd

Nama :

Wardiani Hiliadi, S.Pd, M.Pd

Bidang Keahlian :

MKDU (Pendidikan Kewarganegaraan)

NIDN :

5099202

NIP :

-

Staf Pengajar

Qamariah, S.Pd, M.Pd

Nama :

Qamariah, S.Pd, M.Pd

Bidang Keahlian :

MKDU (Fisika)

NIDN :

21059203

NIP :

-

Staf Pengajar

Susilawati, S.Pd, M.Pd

Nama :

Susilawati, S.Pd, M.Pd

Bidang Keahlian :

MKDU (Bahasa Inggris)

NIDN :

28098606

NIP :

-

Staf Pengajar

Ir. Paliling, M.T

Nama :

Ir. Paliling, M.T

Bidang Keahlian :

Otomasi Industri dan Instrumentasi

NIDN :

15086308

NIP :

196308151992031000

Staf Pengajar

Noor Saputera, S.T, M.T

Nama :

Noor Saputera, S.T, M.T

Bidang Keahlian :

Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan Daya Listrik

NIDN :

5097203

NIP :

197407062003121000

Staf Pengajar

Andhika Sulistio, M.Tr.T.

Nama :

Andhika Sulistio, M.Tr.T.

Bidang Keahlian :

Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan Daya Listrik

NIDN :

-

NIP :

-

KEGIATAN TERBARU

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin