UPT. TIK

UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dibentuk berdasarkan Surat Kepu­tusan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin nomor 159/PL18/KP/I/2016 tanggal 17 Maret 2016 merupakan perluasan peningkatan status dan pengembangan fungsi UPT. PUSKOM.

Berdasarkan pada Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 tentang organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Banjarmasin, UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wakil Direktur I. UPT. TIK mempunyai tugas dan fungsi menyelenggarakan:

  1. Penyusunan rencana program dan anggaran UPT TIK
  2. Perancangan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi
  4. Pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi
  5. Penataan dan pengelolaan data
  6. Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi
  7. Monitoring dan evaluasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  8. Koordinasi dan kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait
  9. Pemberian layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengelolaan Politeknik Negeri Banjarmasin, program-program pendidikan pengajaran, penelitian dan pengab­dian kepada masyarakat serta pelaksanaan urusan tata usaha UPT. PTIK.

Sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan akan dukungan sistem informasi akademik dan pengembangan institusi Politeknik Negeri Banjarmasin, maka UPT. TIK akan terus mengembangkan, menyempurnakan, dan mengevaluasi program-program yang telah dikembangkan oleh UPT. TIK. Program pengembangan yang akan dilaksankan meliputi: sistem tatakelola TIK, pengembangan infrastruktur dan sarana prasarana TIK sesuai dengan kebutuhan civitas akademika Politeknik Negeri Banjarmasin, pengembangan sistem informasi, sistem pembelajaran elektronik, system perpustakaan digital, serta system informasi lainnya yang dianggap perlu dalam mendukung penyelenggaran pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin.

Visi UPT. TIK

Menyediakan layanan yang berkualitas di bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kegiatan Tri Dharma Politeknik Negeri Banjarmasin

Misi UPT. TIK

  1. Menyediakan infrastruktur jaringan intranet dan internet di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin,
  2. Menyediakan layanan koneksi jaringan internet yang aman bagi civitas akademika Politeknik Negeri Banjarmasin
  3. Mengembangkan Teknologi dan sistem Informasi berbasis pelayanan yang berkualitas, profesional dan transparansi dalam menjamin ketersediaan informasi bagi semua unit kerja berbasis jaringan untuk mendukung kemajuan Politeknik Negeri Banjarmasin,
  4. Memonitor dan mengevaluasi system kebutuhan pengguna, termasuk pemeliharaan dan perbaikan di bidang teknologi informasi.

Tujuan UPT. TIK

  1. Menjadi pusat pengolahan data berbasis teknologi modern yang aman,
  2. Menyediakan informasi yang reliabel, terintegrasi, fleksibel dan aman sesuai dengan kebutuhan,
  3. Menjadi pusat pengembangan, pelatihan, dan sertifikasi sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi,
  4. Memiliki manajemen dan organisasi yang professional, solid, dan sehat
  5. Memiliki tenaga profesional bidang teknologi informasi yang mampu menganalisa dan mengembangkan teknologi informasi.
Gedung UPT TIK Tampak Depan 2018

Berdasarkan Surat Kepu­tusan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin nomor 159/PL18/KP/I/2016, maka organisasi pengelola UPT. TIK terdiri dari; Kepala UPT. TIK, Sekretaris, Administrasi, Divisi Jaringan dan Telekomunikasi, Divisi Web dan Sistem Informasi, Divisi Perbaikan dan Perawatan Komputer, Divisi Sistem Informasi Pelaporan Akademik, Divisi Pendidikan dan Pelatihan, ditambah dengan tenaga teknisi dan operator dalam menjalankan tugas di UPT. TIK Politeknik Negeri Banjarmasin.

error: MAAF!!! Tidak bisa Klik Kanan
X