Workshop PBL di Politeknik Negeri Banjarmasin 2022

Workshop Pembelajaran Berbasis Project (Project Based Learning) di Politeknik Negeri Banjarmasin 2022

by Agus SBN

Workshop Pembelajaran Berbasis Project (Project Based Learning)
di POliteknik Negeri Banjarmasin 2022

PBL atau Project Base Learning adalah metode pembelajaran yang tidak hanya berfokus kepada pengajar atau dosen. Mahasiswa diberi tantangan dan dikondisikan untuk belajar sekaligus menyelesaikan problem dan project nyata/ real di lapangan.

Guna memperkuat PBL di Politeknik Negeri Banjarmasin, diselenggarakan kegiatan Workshop Pembelajaran Berbasis Project (Project Based Learning) di Politeknik Negeri Banjarmasin, Senin 24 Oktober 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur pimpinan Poliban, Direktur, Wakil, Kajur dan beberapa kelapa Unit. Ikut hadir juga dosen-dosen prodi TI dan SIKC. Narasumber adalah Bapak Direktur Politeknik Ketapang Endang Kusmana, SE, MM. Ak.CA dan
Ketua Jurusan TI Bapak Eka Wahyudi, S.Pd., M.Cs

Direktur Poliban menyampaikan bahwa kegiatan PBL ini sudah merupakan keharusan yang harus dilaksanakan di POLIBAN. Selain memang sudah menjadi kebijakan, PBL ini juga masuk dalam penilaian IKU (Indeks Kinerja Utama) Poliban. Besar harapan agar para dosen di prodi TI dapat mengambil peelajaran dan manfaat dari Worksop PBL Politap ini.

Selanjutnya, dalam pemaparan Bapak Direktur Politeknik Ketapang, Bapak Endang Kusmana menyampaikan bahwa penting sekali untuk segera merencanakan dan mengeksekusi ide PBL yang akan dijalankan. Memang idealnya kita dapat belajar dari kampus-kampus Politeknik yang sudah maju seperti PENS, Poltek Manufacture Bandung dan Poltek Batam. Namun sebagai sesama Kampus di Kalimantan, Poliban dapat mengikuti langkah Politap dalam menjalankan PBL kampus.

Beliau juga menjelaskan, bahwa saat ini Politap ada 15 project PBL, dua dari luar dan tigabelas adalah projec-project internal. Dari 15 itu menghasilkan Hak cipta, kemudian menghasilkan Jurnal dan selanjutnya akan di urus untuk menghasilkan paten.

Dan saat sesi kedua, diisi oleh Bapak Eka Wahyudi banyak bercerita detil kegiatan PBL yang dilakukan oleh Prodi TI. Beliau menyampaikan bahwa dengan teknik PBL ini, hampir bisa dipastikan 100% programmer di pemerintahan Ketapang adalah alumni Politap. Konsep PBL yang benar dan tepat dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas.

Disampaikan bahwa ide utama memang diperoleh sepulang dari kunjungan ke Politeknik Negeri Batam. Beliau menyampaikan bahwa di awal menerapkan konsep PBL di Politap mengalami banyak penolakan, namun dengan konsep dan pendekatan yang tepat, akhirnya proses PBL yang diharapkan dapat berjalan, menyesuaikan dengan kearifan lokal Politap.

 

Direktur Politap Endang Kusmana 2022 Narasumber acara Workshop PBL POLIBAN

 

Kajur TI Politap EKa Wahyudi 2022 Pada acara FGD PBL di Poliban

Kegiatan PBL di Poliban Narasumber Politap 2022

Workshop PBL Poliban Narsum Politap Foto Bersama01

Workshop PBL Poliban Narsum Politap Foto Bersama02

 

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin