Penggunaan SINDE Dipantau Kemendikbud, Wadir II Targetkan Semua Unit Harus Gunakan SINDE

by Humayra

Setelah sukses dengan kegiatan sosialisasi penggunaan Aplikasi Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE), kini poliban hadir kembali dalam kegiatan pemantapan penggunaan Aplikasi SINDE melalui Diskusi dengan pengguna SINDE terkait Penggunaan SINDE di Ruang Rapat, Lantai Dua, Kantor Pusat Politeknik Negeri Banjarmasin, Jum’at (06/01/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur II, Riswan Yunida, dalam sambutan nya ia mengatakan kalau penggunaan SINDE ini sangat penting, dikarenakan ada pemantauan langsung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Kita itu diwajibkan untuk menggunakan SINDE, karena setiap saat akan dipantau penggunaannya, apakah kita berada di posisi zona merah, kuning ataupun hijau, kalau zona merah paling rendah, kuning sedang dan hijau tanda nya penggunaan SINDE sudah baik” terangnya.

Wadir II berharap, di tahun ini semua unit sudah harus menggunakan SINDE.

“Kita sudah merapatkan dengan unit unit dari unit paling bawah hingga paling atas. Jadi dipastikan tahun ini semua unit harus memakai SINDE” harapnya.

SINDE memang diperuntukkan untuk kebutuhan persuratan instansi, dan ada beberapa jenis surat yang bisa dimasukkan ke Aplikasi SINDE.

“Surat yang bisa di olah atau dibuat lewat aplikasi SINDE berupa Surat Undangan, Surat Edaran, Surat pemberitahuan, Surat Pengumuman, Surat Permohonan Usul Pembuatan SK, Surat permohonan Pembuatan Surat Tugas” ucap Tim Pengelola SINDE Poliban.

Tim SINDE memaparkan, kalau penggunaan SINDE bisa diupdate secara online setiap saat dan tempat. SINDE juga memiliki kriteria dalam penggunaan nya.

“Pelaksanaan SINDE dapat dicek dan diupdate secara online setiap saat dan tempat. Melalui Statistik Penilaian (Skor) baik untuk penilaian personal pengguna akun maupun untuk penilaian institusinya, minimal jika sudah berada dizona hijau (nilai >70%) maka sudah bisa dianggap baik” tambahnya.

Mereka juga mengatakan, kalau penggunaan SINDE masih ada beberapa kendala, lantaran baru di sosialisasikan di 2023.

“Penggunaan SINDE Poliban baru disosialisasikan awal tahun 2023 dan masih tahap “trial” dan “eror”, tentu masih banyak yang harus diperbaiki, kurang nya pemahaman admin, pengguna baru yang masih ragu ragu apakah sudah melaksanakan nya dengan benar juga menjadi kendala. Tetapi seiring waktu semoga admin SINDE akan terbiasa dan terlatih sehingga kendala seperti ini bisa diatasi” pungkas Tim pengelola SINDE Poliban.

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin