Poliban Sediakan 1.782 Kuota Untuk SNPMB 2023, Berikut Informasinya

Bagi Kamu Yang Ingin Mendaftar Masuk Politeknik Negeri Banjarmasin, Melalui SNPMB Baik Jalur SNBP Atau SNBT, Yuk Simak Informasinya

by Humayra

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 telah resmi dibuka, pada tanggal 03 Januari 2023 lalu. Pembuatan akun SNPMB dimulai dari tanggal 16 Januari 2023 sampai 15 Februari 2023, Selasa (10/01/2023).

Ada dua jalur yang bisa diikuti dari SNPMB yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT). Dan ditambah Jalur Mandiri yang akan dilaksanakan masing-masing Perguruan Tinggi. Untuk tahun ini seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru berbeda dari tahun-tahun sebelum nya.

“Seleksi sebelum nya SNMPTN untuk jalur prestasi, tapi sekarang menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Dan mulai tahun ini itu digabung dari Diploma III, Diploma IV (Sarjana Terapan), dan sistem seleksinya berdasarkan nilai raport dan penilaian prestasi. Jadi hasil yang didapat dari hasil prestasi selama disekolah nanti akan dilakukan penilaian secara portofolio” ujar Wakil Direktur 1, H. Ahmad Rizani.

Wadir 1 menjelaskan, untuk Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT), juga memiliki alur yang sama yakni pemilihan perguruan tinggi digabung menjadi satu.

“SNBT, untuk metode testnya menggunakan Ujian Tertulis Berbasis Kompetensi (UTBK). Jadi si calon silahkan memilih mau Diploma IV atau DIII atau S1. Kemudian dalam proses seleksi nya juga berbeda dari tahun tahun sebelum nya. Tahun ini menggunakan test potensi Skolastik (TPS), dengan mengukur kemampuan kognitifnya melalui Uji Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan & Pemahaman Umum serta Kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan Kuantitatif akan mencakup pengetahuan & penguasaan matematika dasar. Selain itu dalam UTBK juga mengukur Literasi dalam Bahasa Indonesia &  Bahasa Inggris, serta Penalaran kemampuan matematika nya” jelasnya.

Ia juga mengatakan, setiap peserta seleksi bebas memilih Perguruan Tinggi Negeri, mau Universitas atau Politeknik, peserta juga bisa memilih dua prodi pada 1 PTN.

“Peserta bisa memilih dua prodi ya dalam 1 PTN. Pilihan prodi tahun ini juga tidak berdasarkan jurusan di SMA, sehingga jurusan baik IPA atau IPS bisa memilih prodi apa saja namun bertanggung jawab sesuai kemampuan berdasarkan prodi yang dipilih” ucapnya.

Untuk SNPMB masing-masing perguruan tinggi negeri memiliki kuota untuk calon mahasiswa nya, termasuk Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban).

“Politeknik Negeri Banjarmasin pada thn 2023 ini menyediakan 1.782 kuota total keseluruhan nya yang terdiri dari SNBP sekitar 40%, SNBT 50% dan Jalur Mandiri serta jalur Prestasi Non Akademik 10%. Polivan juga menyediakan beasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar (Kip Kuliah), calon peserta harus mempelajari dulu prosedur dan bisa dibuka di laman KIP Kuliah nya. Semoga tahun ini kita diberikan lebih banyak kuota dari tahun sebelum nya untuk KIP kuliah” tutup Wadir 1.

 

Berikut Info dan Alur Penerimaan Mahasiswa Baru SNPMB, Silahkan download disini 

Brosur Jalur Pendaftaran SNBP, Silahkan download disini

Brosur Jalur Pendaftaran SNBT, Silahkan download disini

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin