Lolos KRI 2023 Tingkat Nasional, Tim Robotik Poliban Terus Maksimalkan Yang Terbaik

by meira

Tim Robotik Politeknik Negeri Banjarmasin, sukses meloloskan tiga divisi robot ke Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 Tingkat Nasional yang diadakan di Universitas Negeri Semarang secara luring pada tanggal 21 hingga 26 Juni mendatang, Selasa (06/06/2023).

Adapun Tim Robotik Poliban yang berhasil lolos ke tingkat nasional yaitu; dari Divisi KRSRI, Tim Kabibitax, Divisi KRAI, Tim Kayubi, dan Divisi KRTMI, Tim Justice.

Kesuksesan Tim Robotik Poliban ini, tentu tidak lepas dari usaha keras dari setiap divisi agar menampilkan yang terbaik dan bisa sampai ke tahap nasional, juga dukungan dari pembina serta para senior anggota robotik Poliban yang telah alumni.

Ketua Umum Robotik Poliban 2023, Atra Wenanda.

“Kami merasa senang dapat lolos nasional dan membawa nama Poliban di kancah nasional dan bisa memperkenalkan nama Poliban, kami akan berusaha dan berharap agar nanti bisa masuk podium di setiap divisi yang lolos di tingkat nasional” ungkap Ketua Umum Robotik Poliban 2023, Atra Wenanda.

Menilik lebih jauh perjuangan Tim Robotik Poliban, pastinya setiap divisi memiliki tingkat kesulitan dan lama proses pengerjaan robot yang berbeda-beda.

Ketua Tim Kabibitax Poliban, Fredric Digdoyo.

“Saya ketua divisi KRSRI, Kabibitax, jadi KRSRI itu robot search and rescue yang tugasnya menyelamatkan korban dari berbagai rintangan, untuk robot KRSRI ini persiapan nya lumayan lama, mungkin satu tahun, tapi enam bulan terakhir kita push lagi robot kita. Dalam satu tim kami, kami memiliki tiga tim inti dan enam tim kerja” kata Ketua Tim Kabibitax Poliban, Fredric Digdoyo.

Berbeda dengan Tim Kabibitax, Tim Kayubi dari divisi KRAI mengatakan bahwa mereka mengerjakan robot KRAI untuk kontes KRI 2023 ini dengan memakan waktu dua sampai tiga bulan.

Ketua Tim Kayubi Poliban, Ahmad Bayu Prawoto.

“Robot KRAI ini dibuat untuk mengikuti lomba KRI 2023 yang di laksanakan di semarang dengan tema casting flower over angkor wat. Jadi robot ini mampu melontarkan ring ke dalam angkor untuk memperoleh poin yang diinginkan. Kami membangun robot ini dengan waktu kurang lebih dua sampai tiga bulan. Untuk anggota inti KRAI tahun ini sebanyak enam orang” ujar Ketua Tim Kayubi Poliban, Ahmad Bayu Prawoto.

Sementara itu, Ketua Tim Justice Poliban dari divisi KRTMI menerangkan, robot yang mereka tampilkan bertujuan untuk memudahkan pekerjaan industri manusia.

Ketua Tim Justice Poliban, Muhammad Ilmi.

“Robot KRTMI ini bertema digital twin, jadi robot ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, jadi dikendalikan dengan remote, operator nya diruangan dan robotnya dilapangan, untuk KRTMI pengerjaan nya kurang lebih dua bulan. Anggota kami itu ada empat tim inti dan dua orang buat bantu”terang Ketua Tim Justice Poliban, Muhammad Ilmi.

Sebelumnya, Poliban mengirimkan empat divisi, meskipun belum bisa lolos, Tim Schneider dari divisi KRSBI-B juga memberikan dukungan kepada semua tim yang lolos ke tingkat nasional.

Ketua Tim Schneider Poliban, Nada Soraya.

“Semangat buat rekan yang berjuang, Jangan pantang menyerah, jangan kasih celah. harumkan Almamater kita dan Kibarkan bendera nama Poliban di kejuaraan KRI (Kontes Robot Indonesia) Nasional” pungkas Ketua Tim Schneider Poliban, Nada Soraya.

 

  • Apresiasi Terhadap Semua Anggota Robotik Poliban Yang Terlibat Di KRI 2023 :

Ahmad Bayu Prawoto 6/B Elektronika
2. Atra Wenanda 6/D Teknik Listrik
3. Asroful Anam 6/B Elektronika
4. Muhammad Fathur Rozi 6/B Elektronika
5. Khairunisa 4/B Elektronika
6. Arya Shiddiq Nugraha 4/B Elektronika
7. Ilham Setyo Pambudy 2/A TRPE
8. Anugerah Adhi Brilian 4/A Elektronika
9. Muhammad Adi Musthofa 6/B Elektronika
10. Nada Soraya 6/A SIKC
11. Muhammad Rizki Sri Cahyadi 4/B Elektronika
12. Arif Ramadhan 6/A Elektronika
13. Alvian Tandi 4/A Elektronika
14. Herdinata 2/B Teknik Listrik
15. Sayyid Naufal 4/A Elektronika
16. Muhammad Firman Yassin 2/B Elektronika
17. Muhammad Nashrullah  4/A Elektronika
18. Muhammad Agil Fadilah 2/A SIKC
19. Fredrick Dighdoyo DBW 6/A Elektronika
20. Muhammad Ariadi 4/D Teknik Informatika
21. Tarisna Supian 4/A Elektronika
22. Muh Taufik JT 4/A Teknik Listrik
23. Wahni Adnani 6/D Teknik Informatika
24. Arif Zulfian Indra Prayoga  2/A Elektronika
25. Rispansyah 4/D Teknik Informatika
26. Muhammad Abdullah Faqqih 4/A Elektronika
27. Apta Tataka Andika 2/A Elektronika
28. Muhammad Ilmi 4/B Teknik Informatika
29. M.Rifqi Azkiya 4/A Elektronika
30. Ahmad Rusmani Hadi 4/B Elektronika
31. Muhammad Razif Pranata 2/B Elektronika
32. Ahmad Syahrudin 4/A Elektronika
33. Ahmad firdaus 4/B Elektronika

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin