Entrepreneur Training Unit (ETU) Politeknik Negeri Banjarmasin, menggelar Pelatihan Kewirausahaan dengan tema ” Pelatihan Desain Kemasan Produk Menggunakan Smartphone, bertempat di Gedung Serbaguna Politeknik Negeri Banjarmasin, Selasa (06/06/2023).
Kegiatan dihadiri oleh Wakil Direktur Tiga, Anggota Kepengurusan ETU Poliban, Dua Narasumber Pewirausaha Muda serta 19 kelompok mahasiswa yang lolos dan mendapat dana hibah di Pekan Wirausaha Mahasiswa (PMW).
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan tentunya kualitas dari produk yang dibuat oleh mahasiswa Poliban.
“Tidak ada yang sia-sia dalam belajar, ambil sekecil apapun pengalaman dalam berwirausaha. Walau banyak gagal, tapi diujungnya akan sukses” ucap Wakil Direktur Tiga Poliban, Nurhidayati.
Sementara itu, sisi menarik dari kegiatan ini adalah narasumber yang dihadirkan oleh ETU Poliban adalah dua orang pengusaha muda yang sudah lama bergelut di dunia wirausaha.
Salah satu dari narasumbernya, merupakan jebolan dari Poliban yaitu Dina Agus Putriyani. Pemilik brand produk kecantikan Nature Bright Skin ini, membagikan tips dan trik dalam memulai wirausaha.
Ia menyebut, ada lima point penting untuk memulai usaha.
“Untuk memulai usaha, ada lima yang harus kita perhatikan, yang pertama kita harus mengenali produk yang akan kita buat, lalu melihat pasaran produk seperti apa lalu target pasarnya siapa saja, kemudian menghitung harga produksi produk (hpp) dan memperhatikan kemasan produk” paparnya.
“Hpp itu wajib dihitung, karena itu menentukan margin berapa besar keuntungan kita, yang kecil-kecil pun dihitung juga, karena wirausaha itu bukan sekedar untung tapi produk yang dibikin harus berlanjut” tambahnya.
Melanjutkan pemaparan materi dari Putri, Rizky Cipta Anugerah yang juga seorang pengusaha muda di bidang jasa desain dan kuliner ini mengulas lebih detail mengapa kemasan sangat penting bagi sebuah produk dan bagaimana menggunakan aplikasi canva di smartphone untuk membuat desain kemasan pada produk.
“Kemasan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembeli, untuk itu perlu desain kemasan yang unik agar menambah daya jual sebuah produk” tuturnya.
Ia juga mengatakan, mengenai empat manfaat desain sebuah kemasan.
“Manfaat desain itu ada empat, yaitu membangun awareness, meningkatkan daya jual, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan citra brand” tandasnya.