Dekatkan Mahasiswa Dengan Industri, Prodi SIKC Poliban Lakukan Kunjungan Ke Balai Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kalsel

by meira

Sebanyak 34 orang mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi Kota Cerdas (SIKC) Politeknik Negeri Banjarmasin, Semester 4, mengikuti kunjungan industri di Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023 kemarin. Selain mahasiswa, kegiatan juga dihadiri oleh 15 orang Dosen dan beberapa teknisi dari Jurusan Teknik Elektro Poliban, Selasa (27/06/2023).

Foto Bersama Sebelum Keberangkatan menuju Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Kalsel.

Kunjungan Industri ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Poliban setiap tahunnya yang bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan industri.

“Kegiatan kemarin itu adalah kegiatan kunjungan industri. Nah dalam rangka untuk mendekatkan para mahasiswa dengan industri atau mitra dari program studi di mana kunjungan industri ini adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Banjarmasin dimana memiliki program untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk mengetahui program apa saja yang dilakukan mitra” ucap¬†Ketua Panitia Kunjungan Industri, M. Helmy Noor.

Ia mengatakan, sebelum diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di BTIKP Kalsel tersebut, Poliban disambut dengan acara seremonial dan penyerahan cenderamata.

“Kita sampai di balai itu jam sembilan, lalu ada acara seremonial. Ada sambutan sambutan baik sambutan dari Ketua Program Studi SIKC pak Subandi dan juga sambutan dari Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Kalimantan selatan, Bapak Mukhtar, lalu penyerahan cenderamata” ujarnya.

Lebih lanjut Helmy menerangkan, ada beberapa ruang atau fasilitas yang diperkenalkan BTIKP Kalsel pada mahasiswa prodi SIKC Poliban dari ruang teater untuk pembelajaran hingga ruang podcast untuk sharing ilmu pengetahuan.

Foto Saat Mahasiswa Prodi SIKC Poliban Diperkenalkan Dengan Wahana Ruangan Virtual Reality Milik BTIKP Kalsel.

“Ketika kami melakukan kunjungan ke ruang atau wahana yang ada di Balai tersebut, pertama ada ruang teater untuk memberikan pelajaran siswa yang berkunjung, dimana mahasiswa diarahkan cara membuat konten-konten yang memang disukai oleh banyak orang terkait konten konten pembelajaran? Apa hubungannya dengan Smart City di situ? Hubungannya adalah menciptakan ruang pembelajaran yang pintar atau yang bagus di situ” paparnya.

“Kemudian yang kedua ada ruang virtual reality di mana di situ disediakan yang namanya HTC Vive Virtual Reality. Itu adalah kombinasi antara lead motion sama virtual reality yang dapat diakses secara langsung dimana pergerakannya itu dikontrol melalui tangan kemudian secara visualnya bisa kita lihat di ruang virtual dan yang terakhir ada ruang podcast untuk sharing ilmu pengetahuan dengan tamu yang datang” tambahnya.

Kunjungan industri ini menuai respon positif dari pihak Balai, disampaikan Helmy kunjungan ini juga upaya untuk mengenalkan Prodi SIKC Poliban, dan pihak balai juga sangat merespon terhadap perkembangan teknologi yang berkaitan dengan Smart City, terlebih didukung oleh adanya program Smart Learning yang dimiliki oleh BTIKP Kalsel.

Foto Bersama Semua Mahasiswa Prodi SIKC Poliban, Semester 4 dengan Para Dosen SIKC dan Pihak BTIKP Kalsel.

“Harapan setelah adanya kunjungan industri ini adalah supaya membuka peluang untuk mahasiswa di prodi itu bisa magang ya di Balai tersebut. Kemudian selain magang juga untuk kerja sama di bidang pendidikan, mungkin kita bisa mengundang pihak sana sebagai dosen tamu di sini. Nah kemudian lebih lanjut lagi untuk harapan dari kami sendiri, dengan adanya kunjungan industri ini adalah bagaimana supaya nanti mahasiswa itu mengetahui apa saja Yang dibutuhkan oleh pihak mitra, di mana mitra yang pada tahun ini adalah BTIKP itu sendiri” pungkasnya.

 

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved РPoliteknik Negeri Banjarmasin