Poliban Laksanakan Monev Magang Pendampingan UMKM

by Mr.Echo

Politeknik Negeri Banjarmasin laksanakan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Magang Pendampingan UMKM dengan tema “Pahlawan Muda Digital Untuk UMKM Antasari Indonesia (Pandu Antasari Indonesia)” pada Senin (21/11/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Aston Banua Hotel, Convention Center, Ruang Diamond Lantai 25. Diikuti oleh 86 mahasiswa sebagai peserta magang.
Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Talent Scouting Academy (TSA), yakni salah satu akademi yang ada pada program Digital Talent Scholarship (DTS) yang merupakan kerja sama dari Politeknik Negeri Banjarmasin dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Adapun program studi yang berpartisipasi pada akademi TSA di antaranya adalah D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Informatika, Sarjana Terapan Sistem Informasi Kota Cerdas, dan Sarjana Terapan Bisnis Digital.


Teknik Informatika merupakan program studi dengan masa pelaksanaan magang yang bertepatan dalam rangkaian program ini, sehingga mahasiswa program studi ini diarahkan untuk magang berupa pendampingan UMKM, dengan digitalisasi UMKM sebagai fokus utamanya. Pendampingan UMKM ini dilaksanakan selama satu semester, dimana nantinya pendampingan ini akan dikonversi ke dalam 12 SKS, sebagaimana pelatihan yang telah dilaksanakan dikonversi ke dalam 3 SKS untuk mata kuliah bersesuaian.
Monitoring dan evaluasi diawali dengan pembukaan oleh Joni Riadi, S.ST., M.T selaku Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin serta dilanjutkan dengan doa bersama. Memasuki acara inti, materi pertama bertema “Kebijakan Kota Banjarbaru Terkait Digitalisasi UMKM”, disampaikan oleh Asep Saputra, S. Kom., M. M., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Banjarbaru. Kemudian materi kedua bertema “Kebijakan Kota Banjarmasin Terkait Digitalisasi UMKM”, disampaikan oleh H. Muhammad Isa Ansari, S. E., M. Ap., Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Pada unsur pemerintahan juga hadir Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru.
Tak hanya dari instansi pemerintahan saja, Politeknik Negeri Banjarmasin juga menghadirkan narasumber dari Koperasi Warko Digital Nusantara, H. Adam Nugraha Wiradhana, S. Ab., H. C., selaku CEO dari koperasi tersebut, beliau menyampaikan materi ketiga bertema “Upaya Digitalisasi UMKM”. Lalu materi terakhir bertema “Respon UMKM Terhadap Kegiatan Pendampingan Digitalisasi UMKM”, disampaikan oleh Elisa R. Suryani, S. E., selaku Ketua Koperasi Kriya Ketupat. Ditutup dengan sesi tanya-jawab antara peserta dengan narasumber.


Monitoring dilakukan secara paralel, yang terbagi menjadi beberapa ruangan. Pada sesi ini, peserta magang mempresentasikan hasil pendampingan UMKM yang telah dilaksanakannya selama kurang lebih dua bulan terakhir, terhitung dari tanggal 12 September 2022 hingga hari ini. Pembimbing juga memberikan kesempatan kepada para peserta magang untuk menyampaikan kesulitan yang mungkin dialami peserta selama proses pendampingan, untuk nantinya diberikan solusi penyelesaian terbaik.
“Harapannya, apa yang sudah didapat dalam pelatihan itu memang terimplementasi pada masyarakat, terutama UMKM di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya,” jelas Abdul Rozaq, S, Kom., M. Kom., Ketua Program Studi Manajemen Informatika di Politeknik Negeri Banjarmasin.
Ia juga menambahkan, program ini sangat tepat bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan ke dunia usaha yang saat ini memang memerlukan dukungan, khususnya UMKM untuk lebih cakap digital dan dikenal oleh kancah dunia.

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin