Perjalanan Tim Matching Fund Membangun Kolaborasi antara Poliban dengan DUDI

by Kun Nursyaiful Priyo Pamungkas

Banjarmasin – Poliban Online. Di tahun 2022, Politeknik Negeri Banjarmasin telah berhasil membangun 2 (dua) teaching factory. Teaching factory pertama diwujudkan oleh  tim matching fund 2021 yang diketuai oleh Agus Setiyo Budi Nugroho, S.T., M.T. Bertempat di gedung perkuliahan jurusan teknik mesin, teaching factory pertama ini diresmikan oleh Direktur Poliban pada tanggal 24 Agustus 2022.

Foto Bersama DIrektur dan Tim Matching Fund 2021 dalam Acara Peresmian Teaching Factory

Foto Bersama Direktur Poliban dan Tim Matching Fund 2021 dalam Acara Peresmian Teaching Factory

Keberhasilan tim matching fund 2021 menjadi inspirasi bagi dosen lain untuk mengikuti hibah kompetisi dari Kedaireka. Dr. Jazuli Fadil, S.ST., M.T. menginisiasi tim untuk mengikuti program hibah  matching fund. Tim matching fund 2022 yang diketuai oleh Dr. Jazuli Fadil, S.ST., M.T. terdiri atas Nurmahaludin, S.T., M.T., Dr. Kun Nursyaiful Priyo Pamungkas, S.Kom., M.Kom., Khairunnisa, S.T., M.T., Lauhil Mahfudz Hayusman, S.T., M.T., Noor Saputera, S.T., M.T., M. Helmy Noor, S.ST., M.T., dan Qamariah, S.Pd., M.Pd. Tim matching fund 2022 juga melibatkan seluruh tenaga kependidikan Jurusan Teknik Elektro.

Manufaktur rotor turbin angin sumbu vertikal untuk ketahanan energi dan pangan dipilih sebagai judul proposal.  Komitmen Pemerintah Indonesia dalam COP26 menjadi ide utama dalam proposal ini. Perubahan iklim tidak hanya mengancam lingkungan tetapi juga ketahanan pangan. Namun, transformasi energi fosil ke energi baru terbarukan juga tidak murah ujar Dr. Jazuli Fadil.

Dr Jazuli Fadil juga menyebutkan bahwa program matching fund ini diprioritaskan untuk kemitraan yang memiliki  dampak terbesar terhadap 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Setelah melewati tahapan seleksi, proposal yang diusulkan tim matching fund 2022 berhasil menerima pendanaan dari Kedaireka. 4 (empat) target luaran yang dijanjikan oleh tim yaitu: produk, paten sederhana, teaching factory, dan program MBKM.

Pada tanggal 14 Oktober 2022, tim matching 2022 berhasil mewujudkan teaching factory. Teaching factory yang bertempat di Bengkel Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro telah diresmikan oleh Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi, S.ST., M.T. Dengan dukungan peralatan di Bengel Teknik Listrik yang lengkap, keberadaan teaching factory dapat membentuk sumber daya manusia yang unggul di bidang teknlogi.

Direktur Poliban Didampingi oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Ketua Tim Matching Fund 2022 Menggunting Pita Peresmian Teaching Factory.

Direktur Poliban Didampingi oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Ketua Tim Matching Fund 2022 Menggunting Pita Peresmian Teaching Factory.

Lebih lanjut, Dr. Jazuli juga menyampaikan bahwa ketereapaian seluruh target luaran akan bepengaruh pada menguatnya kolaborasi dunia Pendidikan TInggi dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Selain itu, hasil program matching fund ini dapat mempercepat konektivitas pengembangan ilmu dan teknologi di perguruan tinggi dengan industri. (KNPP)

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin