Peresmian Teaching Factory Sebagai Unit Pengembangan Produksi di Lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin

Wadah Pembelajaran Berbasis Industri

by Agus SBN

Banjarmasin – Poliban Online. Pada hari Jum’at 14 Oktober 2022, acara peresmian Teaching Factory  sebagai unit pengembangan produksi di Politeknik Negeri Banjarmasin berlangsung  sukses. Acara peresmian ini diselenggarakan di Gedung L Bengkel Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro.

Hadir dalam acara ini, Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Bapak Joni Riadi, S.ST., M.T. yang sekaligus meresmikan Teaching Factory (Tefa) dan meluncurkan produk hasil riset bidang energi baru terbarukan. Kehadiran seluruh Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dan Kepala Unit Kerja di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin  juga turut menyemarakkan acara peresmian ini.

Keberhasilan Politeknik Negeri Banjarmasin mewujudkan teaching factory tidak terlepas dari peran tim matching fund yang diketuai oleh Dr. Jazuli Fadil, S.ST., M.T. Tim matching fund ini terdiri atas Nurmahaludin, S.T., M.T., Dr. Kun Nursyaiful Priyo Pamungkas, S.Kom., M.Kom., Khairunnisa, S.T., M.T., Lauhil Mahfudz Hayusman, S.T., M.T., Noor Saputera, S.T., M.T.Qamariah, S.Pd., M.Pd, dan melibatkan tenaga kependidikan Jurusan Teknik Elektro.

Pada tahun ini, proposal yang diusulkan oleh Dr. Jazuli Fadil, S.ST, M.T. beserta tim berhasil menerima pendanaan matching fund dari Kedaireka.  Dan salah satu target keluaran dari hibah matching fund ini adalah mewujudkan teaching factory.

Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) merasa sangat bangga dan bersyukur dengan keberadaan teaching factory di Bengkel Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro. Fungsi teaching factory sebagai unit pengembangan produksi akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan pendidikan di Politeknik Negeri Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin tidak hanya mendapatkan materi yang bersifat teori dan praktek. Namun mahasiswa bisa langsung terlibat dalam memproduksi barang-barang  di bidang teknologi elektro seperti rotor turbin angin.

Teaching factory yang baru diresmikan ini didukung dengan peralatan yang ada di Gedung L Bengkel Teknik Listrik antara lain:

  1. Laser Cutting untuk memotong material logam sesuai dengan pola yang didesain pada cypone software.
  2. Mesin Bending CNC berfungsi untuk melakukan bending plat yg sdh dicutting untuk membentuk sudut2 tertentu sesuai dengan keperluan.
  3. Wagner powder coating digunakan untuk melakukan proses pengecatan dengan sistem electrostatic.
  4. Oven berfungsi untuk pengeringan dari material yang sudah di-coating.
  5. Mesin pipe reducer, untuk pembuatan tiang telekomunikasi atau tiang listrik

Tidak hanya teaching factory, Direktur Poliban juga berpesan kepada Tim Matching Fund untuk bisa memenuhi semua target luaran yang telah dijanjikan di dalam proposal. Ketercapaian target luaran ini tentunya bisa memberikan kontribusi yang luas untuk institusi, mahasiswa, dan masyarakat Kalimantan Selatan.(KNPP)

#Polibanterbaik

TEFA Elektro 2022 – Suasana peresmian

TEFA Elektro 2022 – Bengkel Teknik Listrik Jurusan Teknik Elektro

TEFA Elektro 2022 – Direktur Poliban dan Salah Satu Produk Hasil Laser Cutting

TEFA Elektro 2022 – Mesin Binding

TEFA Elektro 2022 – Foto Bersama Direktur Poliban dengan Seluruh Undangan dan Tim Matching Fund Poliban 2022

TEFA Elektro 2022 – Cutting Machine

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin