Dukung Penguatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Vokasi, Tiga Dosen Poliban Ikuti Magang Di Luar Negeri

Kegiatan Sharing Penyampaian Hasil Magang di Luar Negeri Tahun 2022 Oleh Tiga Dosen Poliban

by Humayra

Kegiatan Penyampaian Hasil Magang di Luar Negeri 2022, digelar hari ini di ruang Multimedia, Politeknik Negeri Banjarmasin, Kamis (12/01/2023).

Dalam wawancara nya, Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Joni Riadi mengutarakan kalau penyampaian hasil magang ini mengenai kerja kerja sama dan kolaborasi.

“Kegiatan hari ini penyampaian hasil kawan kawan, beberapa dosen yang mengikuti magang diluar negeri, terkait sertifikat kompetensi. Ada beberapa orang, yang pertama terkait kerjasama seperti yang di Jerman, lalu di UK juga terkait dengan kolaborasi” tuturnya.

Direktur Poliban berharap, dari apa yang dilakukan oleh dosen yang mengikuti program magang di luar negeri bisa memotivasi dosen lain nya.

“Harapannya, mudah mudahan kawan kawan lain tertarik, pada saat mereka melihat pola pembelajaran disana, dan mudah mudahan kedepan nya makin banyak yang bisa magang diluar negeri” harap Direktur Poliban.

Adapun Dosen Poliban yang mengikuti kegiatan magang diluar negeri meliputi, Kepala Prodi Teknik Mesin, Teguh Suprianto, Kepala UPT Bahasa, Nurfitriah, dan Wakil Direktur 1, H. Ahmad Rizani.

Dari sesi sharing, banyak pengalaman dan kisah menarik yang dibagikan oleh tiap dosen yang mengikuti magang diluar negeri, salah satunya dari Kepala UPT Bahasa, Nurfitriah yang magang di Coventry University, England.

Foto bersama peserta magang di Coventry University

“Ibu magang dari 24 Oktober sampai 18 November 2022, selama magang kami ada program mentoring, kami juga belajar mendapatkan sharing dari para praktisi di dunia perguruan tinggi maupun praktisi industri langsung, tentang bagaimana mendapatkan workshop, kolaborasi akademis dan industri. Serta melakukan kunjungan – kunjungan Industri terkait dengan pengembangan sumber daya manusia” ungkapnya.

Nurfitriah menambahkan, kalau banyak sekali hal menarik, terutama tentang strategi kolaborasi yang juga bisa di implementasikan di kampus Poliban.

“Salah satu yang ibu highlight adalah bagaimana perguruan tinggi tempat ibu magang ini membangun kolaborasi dengan dunia industri sedemikian rupa, sehingga apa yang menjadi tujuan mereka yang benar – benar bisa menghasilkan lulusan yang memang terserat di dunia kerja dan memenuhi kompetensi standar yang perlukan dunia” bebernya.

Ia juga mengatakan, kalau kegiatan magang di luar negeri ini tidak hanya membangun pengembangan profesional tapi juga personal.

“Ibu sangat berharap para dosen lain itu bisa termotivasi, karna alhamdulillah ada 3 yang sudah magang di luar negeri, karna banyak hal yang bisa di pelajari dari magang, tidak hanya untuk pengembangan professional tapi juga pengembangan diri” tutupnya.

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin