Keseruan Mahasiswa POLIBAN dalam Kunjungan Industri ke DISKOMINFO Banjarbaru

by wanvy saputra

(Kamis, 03 November 2022), Program studi D3 Teknik Informatika (TI) dan D4 Sistem Informasi Kota Cerdas (SIKC) telah melakukan kunjungan industri ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru (DISKOMINFO). Kunjungan ini dalam rangka perwujudan tridharma perguruan tinggi di Pendidikan. Perwujudan tersebut berupa peningkatan pengetahuan bidang teknologi yang digunakan industri saat ini. Hasil dari perwujudan ini bisa menjadi inspirasi bagi dosen dan mahasiswa. Bagi dosen dapat membuat studi kasus atau project based learning yang sejalan dengan industri. Sedangkan bagi mahasiswa, mereka mendapatkan bayangan pekerjaan ketika ingin menjadikannya sebagai tempat tujuan magang.

Kunjungan ini diikuti oleh 85 mahasiswa/i semester 3 dan semester 5. Adapun pembagian mahasiswanya terdiri dari 65 TI, dan 20 SIKC. Dosen pun banyak yang turut berhadir pada acara ini diantaranya ialah Subandi, Kun Nursyaiful Priyo Pamungkas, Arifin Noor Asyikin, Wanvy Arifha Saputra, Reza Fauzan, Ahmad Yusuf, dan Frista Rizky Rinandi. Kunjungan ini disambut hangat sekali oleh Kepala DISKOMINFO Banjarbaru sendiri yaitu bapak Asep Saputra. Bahkan beliau juga memberikan kuliah umum di kunjungan industri berlangsung.

Materi dari kuliah umum beliau tentang informatika pada dunia kerja. Terdapat 3 poin utama dari kuliah umum tersebut. Pertama, beliau menghimbau agar lulusan prodi D3 Teknik Informatika dan D4 Sistem Informasi Kota Cerdas mempunyai hardskill yang sesuai dengan profil lulusan dan dapat dipertanggungjawabkan ketika bekerja. Kedua, penilaian dalam seleksi dunia kerja menuntut attitude seseorang diatas pada keahliannya. Dan terakhir, beliau juga menyampaikan pengaruh teknologi pada masa yang akan datang khususnya Provinsi Kalimantan Selatan. Setelah kuliah umum selesai, tidak lupa POLIBAN memberikan kenang-kenangan kepada beliau sebagai tanda terimakasih telah menerima semuanya dengan sangat baik.

Adapun setelah kegiatan tadi, mahasiswa langsung dipersilahkan untuk melihat kantor DISKOMINFO Banjarbaru lebih dalam. Adapun yg dilihat peserta yaitu NOC data center, infrastruktur jaringan, dan lingkungan kerja programmer. Mahasiswa sangat antusias sekali menjalani proses kunjungan industri. Hal ini dibuktikan dengan aktifnya mahasiswa bertanya, dan setiap pertanyaan dari mahasiswa selalu dijawab dengan rendah hati oleh pegawai DISKOMINFO Banjarbaru.

Demikian artikel pada kunjungan industri dan kuliah umum ini. Harapan dari POLIBAN terhadap kegiatan ini ialah terdapat peningkatan pengetahuan bidang teknologi yang digunakan industri saat ini. (Editor : Wanvy)

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved РPoliteknik Negeri Banjarmasin