Aster Wilis Elita Surya: Atlet Judo dari Prodi D3 Akuntansi Jurusan Akuntansi Poliban

by Jurusan Akuntansi

 

Kali ini kita berkenalan dengan Aster Wilis Elita Surya. Gadis manis dan santun kelahiran Banjarmasin, 30 April 2001 adalah mutiara terpendam di Jurusan Akuntansi. Siang itu, ketika Tim Jurusan Akuntansi menyambanginya, gadis ini tengah asyik duduk bersama rekan sekelasnya membaca-baca di ruang referensi Jurusan Akuntansi. Jaket bertuliskan Judo yang ia kenakan makin mempertegas prestasinya di bidang tersebut.

“Saya menekuni judo sejak di bangku SMP kelas 8. Keluarga besar dan orang tua saya sangat berperan dalam prestasi saya. Mereka memberi dukungan penuh pada saya.” Ia pun bercerita. Ia sangat menyukai lari santai, yang tentunya berdampak baik juga pada kebugarannya sebagai atlet judo. Ia tinggal di Jalan HKSN Komp. Dasamaya II Blok F No. 28, Kec. Banjarmasin Utara, Kel. Alalak Selatan.

Sebagai mahasiswi yang kuliah di prodi dengan kurikulum yang jauh lebih banyak praktiknya, tentu bukan sesuatu yang gampang bagi atlet seperti Aster. Akan tetapi dengan tenangnya ia memaparkan strategi belajarnya ketika ditanya bagaimana cara dia membagi waktu antara kuliah dan Latihan.Apabila kuliah padat saya memutuskan untuk tidak latihan. Apabila ada waktu senggang saya bisa latihan semaksimal mungkin mengejar beberapa hari yang saya tidak bisa Latihan itu. Tetapi biasanya walaupun tidak bisa Latihan, saya sering lari santai, push up, sit up atau senam di rumah.” Paparnya sambil tersenyum.

Berikut adalah prestasi yang pernah ia raih:

  1. Kompetisi Olahraga Pelajar Daerah se Kalimantan Selatan Tahun 2017 di Banjarmasin
  2. Kejuaraan Nasional Judo Antar PPLP/D Tahun 2017 di Jakarta
  3. Kejuaraan Nasional Judo Antar PPLP/D & SKO Tahun 2018 di Tenggarong
  4. Kompetisi Olahraga Pelajar Daerah se Kalimantan Selatan Tahun 2018 di Banjarmasin
  5. Kejuaraan Judo Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Banjarmasin

“Mulai tahun 2019 hingga 2021 kurang lebih 2 tahun tidak ada kejuaraan apapun dikarenakan pandemi. Tahun 2022 sdh mulai diadakan Kembali beberapa kejuaraan” ungkapnya sedikit sedih. Sebelum mengakhiri perbincangan, Aster menyampaikan kesan dan pesannya “Kalah atau menang dalam sebuah kompetisi adalah hal biasa, yang penting terus semangat berlatih dan bangkit dari kegagalan.” Kita doakan saja semoga Aster sukses di kejuaraan berikutnya.[]@diarinai

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin