Politeknik Negeri Banjarmasin menerima kunjungan benchmarking dari Universitas Borneo Lestari terkait tata kelola pembangunan Satuan Pengawas Internal (SPI) di lingkungan perguruan tinggi, bertempat di Gedung Kantor Utama, Ruang Multimedia, Lantai 2 pada Rabu, (19/06/2024).

Tim SPI UNBL yang diketuai oleh Ema Khairunnisa tersebut disambut oleh Wakil Direktur 2 Poliban Riswan Yunida turut berhadir pula Ketua Tim SPI Poliban Phaureula Artha Wulandari beserta jajaran.

Riswan Yunida mengatakan, pihaknya sangat senang atas kunjungan Benchmarking tersebut. Ia berharap baik UNBL maupun Poliban bisa saling bertukar pikiran khususnya tentang SPI ini.

“Kami sangat bangga sekali menerima kunjungan dari Universitas Borneo Lestari. Tentunya, kunjungan ini akan menambah wawasan juga bagi kami, sehingga kita bisa bertukar pikiran,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ema Khairunnisa selaku Ketua Tim SPI UNBL juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Poliban karena telah disambut baik dan diberi arahan bagaimana tata kelola yang baik dalam membangun SPI.

“Kami baru awal meniti SPI ini, jadi kami perlu sekali kunjungan ini untuk membantu. Karena kami baru sampai di Audit Keuangan, belum sampai di Audit Kepatuhan dan Audit Kinerja, jadi kami perlu mengelola SPI ini dengan baik dan alhamdulillah kami diterima baik oleh Poliban,” ujarnya.

Ema berharap dari Benchmarking ini UNBL bisa melakukan secara 3E, yaitu secara Ekonomis, Efesien dan Efektif dalam menjalankan SPI.

“Sebagai tindaklanjut dari Benchmarking ini, mungkin kita bisa melakukan MOU dengan Poliban, jadi sama sama sambil jalan dan kami bisa sambil belajar disini agar bisa lebih bagus lagi,” tutupnya.

0 comment
1 FacebookTwitterLinkedinEmail

Seleksi pemelihan duta seni terbaik lewat Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Kalsel resmi ditutup dengan 5 tangkai lomba terakhir yang digelar di Politeknik Negeri Banjarmasin pada 14 Juni 2024.

Dalam hal ini, Muhammad Fathurrahman mahasiswa Poliban Program Studi Bisnis Digital terpilih sebagai juara utama tangkai seni monolog Peksimida Kalsel 2024.

“Saya mengikuti tangkai seni monolog dengan membawakan naskah karya Putu Wijaya yang berjudul Aeng atau Alimin,” ucap Fathurrahman.

“Untuk tema yang saya bawakan pada naskah itu dari intervensi saya dan tim dibalik layar tengang ketidakadilan dan moralitas bagi manusia,” tambahnya.

Fathur, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa selain moralitas, isu mental health di kalangan anak muda juga menjadi alasannya membawakan naskah tersebut.

“Ini menyangkut sedikit tentang teror mental anak zaman sekarang, dan saya suka karakteristik pembawaan narasi dari Putu Wijaya ini,” ujarnya.

Mahasiswa yang juga mengikuti UKM Teater Wasi Putih ini menyampaikan bahwa dirinya siap untuk mewakili Kalsel di ajang Peksiminas nanti.

“Ini lomba perdana bagi saya, tapi saya akan terus berusaha dan mematangkan persiapan. Setelah Peksimida ini juga alhamdulillah sudah ada timeline untuk persiapan dua bulan kedepan. Harapannya sih semoga saya bisa mengharumkan nama Kalsel dan Poliban dalam ajang Peksiminas mendatang,” harapnya.

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Politeknik Negeri Banjarmasin menjadi kampus terakhir yang menggelar perhelatan seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Kalimantan Selatan 2024. Seleksi 5 tangkai lomba pun sukses dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 13-14 Juni kemarin, Sabtu (15/06/2024).

Dari kompetisi yang diikuti 39 peserta dari 13 perguruan tinggi didapatkan sejumlah mahasiswa yang akan menjadi delegasi Provinsi Kalsel untuk melanjutkan ke tingkat nasional dalam ajang PEKSIMINAS di Universitas Negeri Jakarta.

Dalam tangkai monolog didapat 5 peserta terbaik yakni Muhammad Fathurrahman (Poliban) Juara 1, Panji Angger Waspada (Politala) Juara 2, Nor Amilia (ULM) Juara 3, Malika Putri (Uniska) Juara 4 dan Rusilawati (Univ. Sari Mulia) Juara 5. Sedangkan lomba penulisan cerpen terpilih 3 peserta terbaik yaitu Risma Liyanti (ULM) Juara 1, Salsabila Adya Gunanti (Univ. Sari Mulia) Juara 2, Juhriah (STIEI BJM) Juara 3.

Dilanjutkan dengan pemenang lomba tangkai seni penulisan puisi ada 3 peserta terbaik yaiti Edy Zulkarnain (ULM) Juara 1, Pramunika (Politeknik Kesdam BJM) Juara 2 serta Suci Widya Sari (Univ Sari Mulia) Juara 3. Kemudian tangkai lomba menulis lakon terpilih 1 orang pemenang yaitu Shinta Salsa Bella (ULM).

Untuk tangkai seni fotografi didapat 6 peserta terbaik dari 2 kategori lomba. Kategori fotografi jurnalistik, Rahmat Maulana (Univ. Sari Mulia) Juara 1, Aulia Nurani (ULM) Juara 2, Ahmad Rizqo Abdillah (Stikes Intan MTP) Juara 3. Kategori fotografi artistik ada Saufi Apriyadi (Politala) Juara 1, Eki Bagus Riantoro (Politeknik Kesdam BJM) Juara 2 dan terakhir M Tanzilul Furqan (ULM) Juara 3.

Atas kemenangan semua peserta tersebut Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi yang diwakili Wakil Direktur 3 H. Syafwansyah Effendi mengucapkan selamat dan berpesan kepada pemenang yang lolos mewakili Kalsel agar terus mengasah kemampuan agar bisa mengharumkan nama Banua di Peksiminas 2024.

“Alhamdulillah bersyukur kegiatan kita sukses dilaksanakan, dan semoga para juara utama yang mewakili peksiminas di Universitas Negeri Jakarta, kita masih ada waktu dua bulan lagi untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan sehingga bisa juara dan mengharumkan nama almamater dan khususnya Kalimantan Selatan,” pesannya.

Kesuksesan Peksimida di Poliban tentu tak lepas dari semua pihak yang terlibat, dari kerja sama dan dedikasi dari semua civitas akademik Peksimida bisa terselenggara dengan sukses. Selaku Ketua Panitia Peksimida Poliban, Nailiya Nikmah mengungkapkan ucapan terimakasih, khususnya apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalsel kepada Poliban sebagai tuan rumah 5 tangkai lomba.

“Terimakasih kepada BPSMI yang telah memberi amanat kepada kami, dan saya ucapkan juga terimakasih pada pimpinan, panitia, humas dan seluruh LO atas kerja sama selama dua hari ini, sehingga peksimida bisa lancar terlaksana sampai penutupan pada tanggal 14 juni ini. Saya juga mengapresiasi kepada seluruh perguruan tinggi yang ikut mensukseskan peksimida, semoga kami bisa lebih baik lagi dalam penyelenggaraan kegiatan lainnya,” pungkasnya.

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Selamat kepada calon mahasiswa baru jalur SNBT tahun 2024, Berdasarkan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang telah diumumkan secara nasional, maka diberitahukan kepada calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus Jalur SNBP tahun 2024 di Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN), wajib melaksanakan prosedur registrasi daftar ulang dengan mekanisme sebagaimana dicantumkan pada lampiran Surat Keputusan Direktur No. : 475/PL18/KL/2024 .

Calon Mahasiswa diwajibkan melakukan pengisian data mulai tanggal 18 hingga 24 Juni 2024 melalui laman https://pmb.poliban.ac.id/snbt, dengan username dan password Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). 

Khusus calon mahasiswa yang lulus prodi Teknik Informatika akan ada tes wawancara yang akan di lakukan secara Offline yang dihadiri oleh calon mahasiswa beserta orang tua/walinya pada :
* Tanggal : 19 Juni 2024
* Jam : 09.00 sampai dengan selesai
* Tempat : Gedung Jurusan Teknik Elektro

 

Info lebih lanjut mengenai daftar nama kelulusan peserta dan prosedur daftar ulang bisa kalian lihat dan download disini

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Sebanyak 39 Mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi se-Kalimantan Selatan hadiri pembukaan seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) untuk 5 Tangkai Seni yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Banjarmasin di Gedung Kantor Utama, Ruang Multimedia Lantai 2, Kamis (13/06/2024).

Suguhan Tari Baksa Kembang khas Kalsel yang menawan menjadi pembuka kegiatan PEKSIMIDA di Poliban. Turut berhadir Dr. Yanuar Bachtiar Ketua Umum Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalsel, Wakil Direktur 3 H. Syafwansyah Effendi yang sekaligus membuka kegiatan serta seluruh tamu undangan.

Wakil Direktur 3 Politeknik Negeri Banjarmasin H. Syafwansyah Effendi.

“Ini perdana bagi Poliban, semoga pelaksanaan kegiatan ini bisa sesuai harapan kita semua, dan mendapatkan talenta terbaik untuk 5 tangkai lomba dan mewakili ke tingkat nasional di Universitas Negeri Jakarta nanti,” ucap Wakil Direktur 3 H. Syafwansyah Effendi pada sambutannya.

Tujuan ajang Peksimida bukan hanya dalam rangka menjaring talenta terbaik untuk berkompetisi di tingkat nasional, tapi juga untuk menggalakkan seni di kalangan mahasiswa seperti yang dikatakan oleh Dr. Yanuar Bachtiar Ketua Umum Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalsel.

Dr. Yanuar Bachtiar Ketua Umum Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalsel.

“Perkembangan seni ini harus kita dukung bersama-sama, karena tidak seperti olahraga, mengenai seni masih banyak yang belum tau terutama di tangkai-tangkai seni tertentu seperti menulis lakon dan monolog, jadi lewat Peksimida kita terus mensosialisasikan hal ini,” katanya.

Yanuar juga menerangkan, para peserta yang menjadi pemenang di Peksimida ini akan dibina lebih lanjut untuk mempersiapkan diri ke Peksiminas nanti.

“Pasca Peksimida ini, para peserta yang lolos akan kita bina, akan kita latih dan berharap akan ada progress sesudah Peksimida maupun pada pelaksanaan yang menjadi puncak pekan seni ini,” tutupnya.

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (SNBT/UTBK) resmi diumumkan hari ini, Kamis (13/06/2024).

Untuk kalian peserta Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang telah mengikuti tes UTBK SNBT pada 30 April-7 Mei dan 14-20 Mei 2024 lalu, kalian dapat mengecek hasil ujian pada pukul 15.00 WIB/16.00 WITA.

Pengumuman akan disampaikan melalui dua alternatif yakni link SNBT  (Pengumuman SNBT SNPMB 2024 (kemdikbud.go.id) dan laman 41 PTN minor dibawah ini.

 

 

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Politeknik Negeri Banjarmasin sukses mengirimkan mahasiswa terbaiknya dalam seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Kalimantan Selatan kategori Membaca Puisi yang digelar di Universitas Sari Mulia pada hari ini, Rabu (12/06/2024).

Nama Wahyu Hidayat, mahasiswa dari program studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah masuk dalam salah satu nama peserta yang akan menjadi delegasi Kalsel di ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) 2024 lantaran berhasil meraih Juara 2 Tangkai Lomba Membaca Puisi Putra.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Nailiya Nikmah, selaku Pembimbing dan Pendamping lomba. Nailiya menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan wujud dari kerja keras selama latihan.

“Alhamdulillah, merasa sangat senang atas pencapaian yang diraih ananda Wahyu. Ini kesempatan pertama Politeknik Negeri Banjarmasin ikut Peksimida dan merasa bersyukur karena latihan kami membuahkan hasil yang baik,” ungkapnya.

Puisi berjudul Perahu Kertas karya pujangga kebanggaan Indonesia Sapardi Djoko Damono dan Mitos – Mitos Kecemasan karya Afrizal Malna dibawakan dengan sempurna oleh Wahyu Hidayat dalam pementasan lomba.

“Alhamdulillah saya bisa meraih terbaik 2. Saya berterima kasih kepada ibu Nailiya yang telah melatih dan mendampingi saya dalam persiapan Peksimida ini, termasuk teman-teman yang telah memberi masukan terkait membaca puisi,” ucap Wahyu.

Menjadi salah satu yang terbaik adalah pengalaman yang sangat berharga yang dirasakan Wahyu. Menurutnya, ajang ini akan menjadi motivasi agar terus mengembangkan potensi dan bakat yang telah ia miliki.

“Kesan saya sangat luar biasa, ini memotivasi saya untuk terus berlatih dan mengembangkan bakat dalam bidang puisi. Dan berharap bisa lebih baik lagi, tidak hanya di tingkat regional tetapi juga nasional, semoga hasil ini juga bisa menginspirasi teman – teman lain untuk tidak ragu dalam mengejar dan mewujudkan impian dalam bidang apapun,” harapnya.

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Sertifikasi Kompetensi Skema Proggrammer Tahun 2024.

Politeknik Negeri Banjarmasin melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Poliban menginisiasi penyelenggaraan program sertifikasi kompetensi kerja bidang Teknik Informatika, kegiatan digelar dari tanggal 03 hingga 06 Juni 2024, bertempat di Gedung Teori H Poliban, Selasa (04/06/2024).

“Sekarang ini LSP memiliki 36 skema vokasi, dan yang kita jalankan kali ini tahap pertama ada sekitar 80 orang peserta dengan skema Programmer,” ucap Darmansyah Ketua LSP Poliban.

Darmansyah mengatakan, kegiatan sertifikasi berskema Programmer ini merupakan salah satu pemenuhan hak terhadap mahasiswa Poliban sebagaimana yang tercantum didalam Program Direktur, yang mana mahasiswa harus memiliki kompetensi.

“Nah karena salah satu capaian profile lulusan bidang Informatika adalah Programmer, artinya kita mengukur apa yang dijanjikan program studi apakah sudah sesuai atau tidak dengan melakukan pengujian programmer ini,” terangnya.

“Dalam prodi TI, memang ada beberapa skema selain Programmer kita juga ada Teknisi Komputer Muda, tapi kita prioritaskan Programmer dulu untuk mahasiswa prodi TI,” tambah Darmansyah.

Menjadi lulusan Poliban yang kompeten dan dibuktikan dengan sertifikat yang diakui dari negara, menjadi output yang diharapkan Darmansyah dari pelaksanaan sertifikasi tersebut.

“Sertifikat itu digunakan sebagai syarat untuk pengambilan ijazah, atau bisa juga disebut sebagai surat keterangan pendamping ijazah,” tuturnya.

Saat ini untuk pendaftaran sertifikasi, LSP Poliban sudah melalui aplikasi online yaitu melalui https://lsp.poliban.ac.id/. Dan sebelum mendaftar mahasiswa harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan dasar yang telah ditetapkan oleh LSP Poliban.

“Kita sudah pendaftaran online, setelah melengkapi persyaratan dasar yaitu sudah memenuhi semester 5 dan sudah melakukan magang, peserta juga melengkapi persyaratan administratif seperti foto, KTP dan Ijazah pendidikan terakhir, kemudian mereka akan mengisi asessment mandiri. Prinsip asessment ini sebetulnya adalah orang yang sudah memiliki kompetensi, jadi kalau mahasiswa sudah merasa kompeten, bisa ikut sertifikasi,” tandas Darmansyah.

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail

Marina Beauty Journey ke-14 dengan tema #TogetherWeShine hadir di Politeknik Negeri Banjarmasin. Program ini menjadi salah satu wujud konsistensi Marina untuk mendorong perempuan muda Indonesia untuk saling bersinergi dan memanfaatkan potensi yang dimiliki. Tak hanya itu, lewat ajang ini Marina akan mencari 20 wanita muda Indonesia untuk menjadi Bintang Marina, yang nantinya berkesempatan mengikuti Beauty Camp yang diadakan di Bali pada bulan Juli.

Kegiatan yang digelar oleh brand produk kecantikan asli Indonesia sejak 1982 tersebut dihadiri oleh puluhan partisipan mulai dari mahasiswa hingga staf akademik kampus, bertempat di Gedung Kantor Utama, Ruang Multimedia Lantai 2 Poliban, Jum’at (31/05/2024).

Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Politeknik Negeri Banjarmasin H. Ahmad Rizani.

Sebagai sarana perempuan muda dalam memberikan perubahan yang positif bagi lingkungan sekitar dan meningkatkan rasa kepercayaan diri, tentunya acara seperti ini harus diapresiasi. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Poliban Joni Riadi yang diwakili oleh Wakil Direktur 1 Bidang Akademik H. Ahmad Rizani.

“Kami atas nama pimpinan Poliban menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Marina Beauty Journey, karena telah berkenan memberikan pengetahuan tentang kecantikan,” ucapnya.

“Mens Sana in Corpore Sano” lanjut Ahmad Rizani, mengutip salah satu mahakarya pujangga dari romawi, Decimus Iunius Juvenalis yang memiliki arti didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Berkaitan dengan hal itu Ahmad Rizani mengatakan kehidupan tidak hanya perlu sehat jasmani tapi juga rohani.

“Karena temanya hari ini kecantikan, kebugaran, saya berharap peserta yang berhadir tidak hanya cantik jasmani tapi juga rohaninya,” tandasnya.

Peggy Feby Anisa, Partisipan Marina Beauty Journey.

Disisi lain, kegiatan Marina Beauty Journey berlangsung meriah, polesan demi polesan terlihat piawai dilakukan para partisipan dalam sesi kelas kecantikan.

“Acaranya seru banget, kita dapat teknik-teknik me make up dengan cepat, terus dapat ilmu cara membuat alis yang bagus, mencari tone make up yang cocok dengan warna kulit terus dapat make up sample dari Marina,” pungkas Peggy Feby Anisa, salah satu partisipan Marina Beauty Journey.

0 comment
0 FacebookTwitterLinkedinEmail
Newer Posts

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin