Puluhan Mahasiswa Poliban Ikuti Seminar Kewirausahaan Cara Mudah Mendapatkan Perizinan Produk UMKM

by meira

Puluhan Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin dari berbagai Program Studi, mengikuti Seminar Kewirausahaan yang diselenggarakan Entrepreneur Training Unit ( ETU ) Poliban di Gedung Kantor Pusat, Ruang Multimedia Lantai 2 Poliban, Jum’at (29/09/2023) pagi.

Seminar yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Banjarmasin ini, mengangkat judul “Cara Mudah Mendapatkan Perizinan Produk Bagi UMKM”, materipun dibawakan langsung oleh Bambang Hery Purwanto, PFM Ahli Madya Balai Besar POM Banjarmasin.

Tentunya sangat menarik dan bermanfaat khususnya bagi para mahasiswa yang memiliki produk olahan pangan atau usaha namun belum mengetahui bagaimana proses agara produk yang dimiliki terdaftar secara legal di BPOM.

Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Joni Riadi Saat Menyampaikan Sambutan Sebelum Membuka Kegiatan Seminar.

“Kami berharap adek-adek mahasiswa wirausaha ini sangat penting, disamping memiliki kompetensi tetapi juga harus mempunyai pengetahuan bagaimana berwirausaha. Dan ini kesempatan yang baik bagi mahasiswa jika memiliki sebuah produk bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan perizinan di BPOM” ucap Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Joni Riadi.

Bambang Hery Purwanto, PFM Ahli Madya Balai Besar POM Banjarmasin, sangat apik menyampaikan materi yang ia bawakan. Ia menjelaskan secara detail proses atau tahapan mendapatkan izin edar usaha.

Bambang Hery Purwanto, PFM Ahli Madya Balai Besar POM Banjarmasin.

“Semua jenis usaha baik produk atau jasa wajib memiliki NIB No induk berusaha. Setelah memiliki NIB maka pelaku usaha bisa mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional seduai dengan bidang usahanya masing masing. NIB ini sekarang gampang prosesnya dan bisa daftar melalui online atau petugas di Mall Pelayanan Publik terdekat” ujarnya.

Ia juga menyebut, untuk mendapatkan izin BPOM produk itu harus melalui uji Laboratorium terlebih dahulu dan harus memenuhi kriteria atau parameter yang telah ditentukan. Dari Parameter Parameter keamanan, Parameter mutu, Parameter gizi, Persyaratan Label  dan Cara distribusi pangan olahan yang baik.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika sebuah produk telah mendapatkan izin edar usaha dari BPOM, salah satunya meningkatkan daya saing sebuah produk.

“Jika produk yang kita buat telah memiliki izin BPOM, tentunya tingkat kepercayaan konsumen juga akan meningkat dan memperluas pemasaran produk” pungkas Bambang.

 

You may also like

Leave a Comment

Copyright @2021  All Right Reserved РPoliteknik Negeri Banjarmasin