Sambut 1.440 Mahasiswa Baru Poliban, Mas Menteri Nadiem Beri Ucapan Selamat

by meira

Dalam rangka mengenalkan atmosfer kampus kepada 1.440 mahasiswa baru, Politeknik Negeri Banjarmasin menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gedung Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin, Selasa (13/08/2024).

Ribuan mahasiswa baru tersebut resmi dikukuhkan oleh Direktur Poliban Joni Riadi pada hari ini, dan selepas PKKMB akan dilanjutkan dengan pembinaan fisik, mental dan disiplin (BINTALFISDIS) yang bekerjasama dengan TNI Rindam VI Mulawarman.

“Pengenalan kampus ini supaya mereka memiliki gambaran bagaimana beraktifitas di Poliban, termasuk nanti ada pengenalan unit kegiatan mahasiswa, agar mereka juga mendapatkan soft skill selama menempuh pendidikan di Poliban,” ucap Direktur Poliban saat diwawancara usai mengukuhkan mahasiswa baru.

Dirinya mengatakan, animo pelajar yang memilih Poliban sebagai tempat melanjutkan pendidikan meningkat dari tahun sebelumnya, namun sayang harus tetap dibatasi karena keterbatasan ruang perkuliahan.

“Insyaallah kedepannya akan kita tingkatkan lagi kapasitas ruang kelas untuk mahasiswa baru, karena antusias masyarakat terhadap Poliban cukup banyak,” ungkapnya.

Poliban sendiri hingga saat ini telah memiliki 21 Program Studi, yakni, 1 Prodi D2, 11 Prodi D3 dan 9 Prodi D4 atau Sarjana Terapan, sebut Joni Riadi, sebab itu dirinya berharap para mahasiswa baru bisa memaksimalkan perkuliahan di prodi yang mereka pilih agar bisa menambah keterampilan baik soft skill maupun hard skill.

“Kita berharap bagi mahasiswa baru ini, pada dua tahun ke depan untuk Diploma 2 (D2), tiga tahun untuk Diploma 3 (D3) atau empat tahun bagi Sarjana Terapan ada sesuatu yang lebih dari keterampilan mereka,” imbuhnya.

Disisi lain, sebuah video singkat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim atau yang kerap disapa Mas Menteri ditampilkan untuk menambah semangat para peserta PKKMB Poliban 2024.

Video berdurasi dua menit tersebut berisi ucapan selamat dari Mas Menteri untuk mahasiswa baru di seluruh perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang mengikuti PKKMB 2024.

“Saya ucapkan selamat datang di dunia yang baru, dunia perkuliahan yang dinamis dan penuh lika-liku, ini adalah masa-masa terbaik untuk mencari jati diri untuk mewujudkan cita-cita,” ujarnya.

Mas Menteri juga menyampaikan, kesempatan mahasiswa menambah wawasan semakin luas terlebih dengan adanya program kampus merdeka.

“Program kampus merdeka punya dampak positif bagi karir lulusan perguruan tinggi, jadi manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, jadikan masa perkuliahan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya,” pesannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like

Copyright @2021  All Right Reserved – Politeknik Negeri Banjarmasin