Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin Jurusan Teknik Elektro Membangun Desa Mandiri Energi

Perawatan Sistem Kelistrikan Pembangkit Tenaga Hybrid di Desa Batakan.

Poliban News – Memasuki tahun ketiga, Tim Pengabdian Desa Mitra Politeknik Negeri Banjarmasin di bawah koordinasi Dr. Jazuli Fadil, S.ST., M.T. bersama rekan sesama dosen Jurusan Teknik Elektro, yaitu Yusie Rizal, S.Si., M.Sc. dan Syaiful Rahman, S.T., M.T.melaksanakan kegiatan pengabdian.  Kegiatan pengabdian ini berlangsung dari tanggal 10 sampai 12 September 2021 di Desa Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. Adapun tema kegiatan ini adalah ” Diseminasi Teknologi Pembangkit Hybrid Tenaga Surya dan Angin pada UKM Peternakan Ayam di Desa Batakan Kabupaten Tanah Laut”.

Desa Batakan yang berada di pesisir pantai menyimpan potensi alam yang besar dalam hal energi terbarukan. Namun di balik potensi alam tersebut, ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat setempat. Ketersedian akses listrik yang terbatas dan distribusi air PDAM yang belum memadai menjadi tantangan utama. Kendala yang dialami oleh masyarakat Desa Batakan juga berimbas pada perekonomian masyarakat. Terutama masyarakat yang mengandalkan usaha peternakan ayam sebagai sumber mata pencarian. Biaya listrik yang tinggi menyebabkan hasil usaha peternakan mereka kurang kompetitif.

Bersama dengan kader-kader Karang Taruna Harapan Kita dan Badan Usaha Desa Bangun Banua, Tim Pengabdian Politeknik Negeri Banjaramasin telah membangun pembangkit tenaga hybrid di tahun pertama. Pada tahun kedua pelaksanaan pengabdian, tim telah berhasil menyalurkan air ke musholla dan masyarakat. Dan di tahun ketiga ini, fokus kegiatan pengabdian adalah pemberdayaan UKM yang ada di Desa Batakan.

Pelatihan Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem Pembangkit Tenaga Hybrid oleh Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin Jurusan Teknik Elektro.

Selain fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat, tim pengabdian masyarakat juga melatih para pemuda untuk mampu melakukan pemeliharaan dan perbaikan sistem pembangkit dan distribusi air. Karena tahun ini adalah tahun terakhir pelaksanaan pengabdian yang bersumber dari hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pelatihan ini memiliki arti yang penting untuk menjamin kerbelangsungan dari kegiatan pengabdian ini. Sehingga, Desa Batakan diharapkan dapat menjadi Desa Mandiri Energi. (kn)

About The Author

Related posts

1 Comment

  1. Abdul Rahman

    Terima kasih atas partispasi dosen-dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Banjarmasin yang sudah turut serta membangun Kabupaten Tanah Laut.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF!!! Tidak bisa Klik Kanan
X