10 MAHASISWA POLIBAN DINYATAKAN LOLOS MENDAPATKAN PENDANAAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) & PROGRAM WIRAUSAHA MAHASISWA VOKASI (PWMV) TAHUN 2021

Kamis, 27 Mei 2021

Politeknik mendapatkan kabar gembira sepuluh ( 10 ) orang mahasiswa Poliban dinyatakan LOLOS mendapatkan Pendanaan Program  Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pendanaan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi ( PWMV) Tahun 2021. Kompetisi hibah ini diselenggarakan oleh Kemeterian Pendidikan, Kebudayaa, Riset dan Teknologi dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi telah melaksanakan penilaian terhadap proposal PKM 5 Bidang dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK) Tahun 2021. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, diperoleh judul peraih pendanaan PKM Tahun 2021. Kegiatan ini dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Bersama 31 Politeknik Negeri Lainnya, lima judul proposal yang diajukan Mahasiswa Poliban berhasil mendapatkan bantuan pendanaan. 5 Judul Proposal yang mendapatkan bantuan pendanaan sebagai berikut :

  1. PKM-K : Pemanfaatan Limbah Kulit Labu Kuning sebagai Produk Teh Herbal
  2. PKM-PM : Pemberdayaan Wanita Desa Puntik Luar Melalui Program Introduksi Daur Ulang Sampah Anorganik
  3. PKM-KC : Perancangan Prototipe Tiang Pancang Mini Pengganti Cerucuk Galam
  4. PKM-KI : Platform Bursa Kerja dan Jasa Berbasis Web dengan Sistem Lelang untuk Masyarakat Umum
  5. PKM-KI : Simulasi Evakuasi Diri dan Barang Berbasis Teknologi Game Virtual Reality sebagai Upaya Mengedukasi Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir di Banjarmasin

Program Mahasiswa Wirausaha merupakan salah satu program Enterpreneurship Training Unit ( ETU) Politeknik Negeri Banjarmasin , dan melalui program mahasiswa wirausaha (PMW) kita memacu atau memotivasi mahasiswa untuk ikut serta dalam pengajuan proposal PWMV. Dan berdasarkan edaran dari Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi yang telah melaksanakan penilaian terhadap proposal Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) tahun 2021, 5 judul proposal mahasiswa Poliban dinyatakan LOLOS untuk mendapatkan bantuan pendanaan PWMV. Dan Kelompok yang dinyatakan LOLOS sebagai berikut :

  1. Mengripik ( Kuliner )
  2. etc (Jasa )
  3. 404 Not Found Indonesia ( Industri Kreatif)
  4. UP YOUR DESIGN (Jasa)
  5. Mood Story (Kuliner )

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan memiliki daya saing serta mendorong munculnya wirausahawan dari mahasiswa pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV). Wakil direktur III Poliban , Dra.Hj. NURHIDAYATI, M.Pd berharap mahasiswa yang mendapatkan Bantuan Pendanaan ini  dapat menyekesaikan proyek tepat waktu dan beres secara administrasi, Hasil proyek yang bermanfaat ekonomi bida dibagikan atau bekerjasama dengan pelaku ekonomi lain serta dengan ETU/Inkubator Bisnis Poliban juga . Selain itu beliau berharap mahasiswa yang bersangkutan bisa Membagikan ilmunya/TIP utk generasi penerus di Poliban agar proposal adik2 tingkat juga sukses seperti punya mereka.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF!!! Tidak bisa Klik Kanan
X