Mahasiswa Poliban Juara Nasional di “Lomba Prestasi Mahasiswa PAI” Kementerian Agama 2019

Mahasiswa Poliban Juara Nasional di “Lomba Prestasi Mahasiswa PAI” Kementerian Agama 2019

Sebanyak 21 peserta yang berasal dari 15 perguruan tinggi umum di tanah air mengikuti kegiatan Lomba Prestasi Mahasiswa PAI Pada Perguruan Tinggi Umum tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Di antara pesertanya, terdapat perwakilan dari Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, hingga Papua

Acara yang diselenggarakan hari Kamis-Sabtu, 12–14 Desember 2019 diikuti dengan sangat antusia oleh para peserta. Para peserta diminta membuat essay dan vlog dengan tema Islam Rahmatan lil’alamin yang diupload ke channel YouTube.

Politeknik Negeri Banjarmasin adalah satu-satunya perguruan tinggi di provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil menempatkan dua mahasiswanya sebagai peserta dalam kegiatan ini.

Kedua mahasiswa tersebut adalah
Eka Khairunnisa (Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah/V) dan
Lailatul Khasanah (Prodi Teknik Informatika/III).

Dua Mahasiswi Peserta Lomba Prestasi Mahasiswa PAI – POLIBAN

Keduanya bersama 19 peserta lainnya tampil mempresentasikan essay dan vlog di hadapan tiga orang juri yag ditetapkan oleh Subdit PAI pada PTU Kementerian Agama RI.

Kegiatan lomba ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap final.

Pada tahap penyisihan, seluruh peserta harus mempresentasikan karyanya dan menjawab pertanyaan dan komentar dari para juri. Selanjutnya, pada tahap final yang tersisa 12 peserta, dan para finalis kembali diminta tampil untuk menyampaikan orasi singkat dengan topik yang ditentukan secara undian namun tanpa disertai dengan tanya jawab.

Setelah melalui proses penjurian, akhirnya Eka Khairunnisa dari Politeknik Negeri Banjarmasin berhasil meraih Juara Harapan III dan mendapatkan hadiah dari Kemenag RI berupa tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 7.500.000.

Semoga dengan kegiatan lomba ini, para peserta lomba dan mahasiswa Indonesia pada umumnya dapat lebih memahami karakter Islam yang rahmatan lil’alamin, yaitu corak Islam yang ramah, moderat, inklusif, dan jauh dari sifat yang eksklusif dan intoleran.

Eka Khairunnisa Meraih prestasi juara harapan III

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF!!! Tidak bisa Klik Kanan
X