Festival Remaja Qur’an (FRQ) 2018 Di Poliban

Politeknik Negeri Banjarmasin menggelar Festival Remaja Qur’an (FRQ) untuk pertama kalinya. Lembaga Al-Qur’an Studi Club (ASC) Poliban menjadi tim panitia dalam festival ini. Festival Remaja Qur’an berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 05-06 Mei 2018. Dalam Festival Remaja Qur’an ada beberapa cabang lomba yang diselenggarakan yaitu Tartil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khattil Qur’an dan Hifzil Qur’an. FRQ ini diadakan di dua tempat yaitu di Ruang Multimedia dan Gedung Akuntansi Poliban. Peserta dari FRQ adalah siswa-siswi SMA/SMK/MA Sederajat yang berada di Banjarmasin, Barito Kuala dan Kab. Banjar.

Festival Remaja Qur’an merupakan program yang digagas oleh Direktorat Bidang Kemahasiswaan. Selain itu, FRQ ini menjadi salah satu ajang perekrutan bibit-bibit unggul yang nantinya akan berkuliah di Poliban. “Juara 1 dalam FRQ ini akan mendapat dispensasi berkuliah di Poliban tanpa mengikuti test, tentunya dengan catatan mengikuti prosedur yang ada. Selain itu, Pihak Poliban juga akan memberikan beasiswa,” tutur Ibu Yoenie Indrasary selaku Penanggung Jawab FRQ. Beliau juga menambahkan bahwa FRQ merupakan kegiatan Syiar Ramadhan mengingat Ramadhan sudah dekat.

“Dalam cabang lomba ini salah satunya kami memilih tartil bukan tilawah karena kami ingin menekankan cara membaca sesuai dengan tajwid terlebih dulu. Sementara itu Hifzil dimulai dari juz 29 dan 30,” ujar Ibu Yoenie Indrasary selaku Penanggung Jawab FRQ. Ibu Yoenie juga memaparkan kepada Lensa bahwa dengan adanya cabang Lomba Fahmil bisa menjadi pemacu remaja banua agar lebih dekat dengan Al-Qur’an di mana tidak hanya sekedar melalui membaca dan menghafal sehingga psikomotorik anak lebih berkembang. Sementara itu, cabang Lomba Khattil ditujukan agar lebih menghidupkan Seni Islam.

Festival Remaja Qur’an ini mengantarkan Ahmad Fadillah (SMAN 1 Mandastana) sebagai Juara 1 Lomba Khattil Qur’an, Ahmad Khairi (MAN 2 Model Banjarmasin) sebagai Juara 1 Lomba Tartil Qur’an, Istiqomah (SMAIT Ukhuwah Banjarmasin) sebagai Juara1 Lomba Hifzhil Qur’an dan Regu dari MAN 2 Model Banjarmasin sebagai Juara 1 Lomba Fahmil Qur’an. Juara umum dalam Festival Remaja Qur’an ini adalah dari MAN 2 Model Banjarmasin.

Ditemui Tim Lensa Sabtu (05/05) Ibu Yoenie berharap dengan adanya Festival Remaja Qur’an yang diadakan oleh Poliban ini, Poliban menjadi salah satu atau bahkan menjadi Pelopor Institusi di Banjarmasin yang mengajak generasi muda untuk dekat dengan Al-Qur’an. Begitu pula dengan Civitas Akademika Poliban juga diharapkan untuk dekat dengan Al-Qur’an.

“Insya Allah dua tahun lagi kita kembali mengadakan Festival Remaja Qur’an ini, mudah-mudahan,” ucap Ibu Yoenie.

Reporter : M. Yoga Firdaus & M. Aritias Al-Amin
Foto : M. Ramadani
Editor : Dina Emelda

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: MAAF!!! Tidak bisa Klik Kanan
X