header-int

WORKSHOP BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK UNTUK IBU-IBU JAMAAH MAJELIS TAKLIM

Minggu, 21 Mei 2017, 15:22:32 WIB - 203 View
Share
WORKSHOP BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK UNTUK IBU-IBU JAMAAH MAJELIS TAKLIM

"Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Ibu-ibu Jamaah Majelis Taklim"

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Poliban menyelenggarakan Workshop Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Ibu-ibu Jamaah Majelis Taklim di Kota Banjarmasin pada tanggal 11 Mei 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Bapak Hilmi Hasan di Komplek Bulakindo, Kelurahan Sungai Miai, Banjarmasin dan diikuti oleh ibu-ibu dan remaja putri anggota jamaah taklim dari Kelurahan Sungai Miai, Alalak Utara, dan Alalak Tengah. Workshop ini menghadirkan nara sumber Bapak Yudhi Kurniawan, praktisi budidaya tanaman hidroponik dari Balai Latihan Masyarakat Banjarmasin, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Tujuan diselenggarakannya  workshop ini adalah untuk memberdayakan potensi para anggota jamaah taklim sehingga dapat membantu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga melalui budidaya tanaman hidroponik di pekarangan rumah.

Sistem hidroponik adalah kegiatan bercocok tanam yang memanfaatkan media tanam berupa air. Sistem ini sangat sesuai dengan kondisi geografis Banjarmasin yang dikenal sebagai kota Seribu Sungai dimana sebagian besar wilayahnya berada di pinggiran sungai dan di atas permukaan rawa. Sempitnya lahan pekarangan dan kurang cocoknya tanah rawa untuk bercocok tanam membuat kegiatan berkebun secara tradisional menggunakan media tanah menjadi relatif lebih sulit dilakukan. Akibatnya, untuk memenuhi kebutuhan sayur-sayuran dan bumbu dapur, warga terpaksa harus membelinya dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar setiap bulannya. Dengan workshop ini diharapkan para peserta dapat membuat taman hidroponik di rumah masing-masing sehingga dapat hasilnya dapat menghemat biaya untuk kebutuhan dapur, dan jika memungkinkan, hasilnya dapat dipasarkan sehingga menjadi income tambahan keluarga.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan oleh Tim Poliban yang terdiri dari Dr. Hj. Fitriani Hayati, M.Si, Dra. Hj. Nurhidayati, M.Pd, dan Mochammad Arif Budiman, S.Ag, M.E.I serta didukung oleh tim mahasiswa dari Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Poliban. Pelaksanaan kegiatan ini didanai oleh Kemristekdikti melalui Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dengan skim Ipteks bagi Masyarakat (IbM) tahun 2017 (arif b).

Unidha Politeknik Negeri Banjarmasin salah satu perguruan vokasi negeri di Banjarmasin
© 2017 Politeknik Negeri Banjarmasin Follow Politeknik Negeri Banjarmasin : Facebook Twitter Youtube